Category Archives: Wisata Kuliner

Enthog Budhe, Purbalingga

Standard

image

Alooo…karena tugas pekerjaan, akhirnya sampai juga aku di kota Purbalingga. Sebenernya kota ini terkenal dengan pabrik bulu matanya. Tapi kali ini aku nggak membahas masalah itu. Yang mau aku bahas justru makanan yang ditawarkan oleh teman asli kota ini.

Enthog Budhe, dari namanya sudah jelas menu utama tempat makan ini adalah enthog. Mungkin ada yang belum tahu enthog itu apa? Enthog adalah bebek muda. Dimasak ala rica rica. Selain menu enthog ada juga pilihan rica ayam. Boleh juga kalau yang pengen makan nasi campur, bisa langsung milih apa yg sudah disediakan.

Dengan membayar 30.000 kita sudah bisa menikmati seporsi rica enthog atau rica ayam, nasi putih sepuas nya dan segelas es jeruk. Lokasi nya ada di Jalan Mintaraga, Purbalingga. Jadi buat yg ke Purbalingga, boleh mampir ke sini…dan selamat mencoba…

Advertisements

Ayam Pedas Wong Jowo, Yogyakarta

Standard

20140223-153638.jpg

Alooo…jalan2 di Malioboro, terus ngerasa lapar. Mampir aja ke Ayam Pedas Wong Jowo atau disingkat Ayped Jowo. Lokasinya ada di Jalan Malioboro no 143, kalau dari Stasiun Tugu ke arah jalan Malioboro, adanya di sebelah kanan jalan dan tidak jauh. Buka mulai pukul 11.00 dan tutup pada pukul 22.00.

Menu makanan yang disajikan sesuai dengan nama tempat makan nya, dengan ayam sebagai sajian utama dan dimasak dalam berbagai rasa, dan yang pasti pedas. Tapi jangan kuatir juga untuk yang nggak terlalu suka makanan pedas, ada sebagian menu yang bisa dimasak dengan rasa yang tidak pedas. Untuk ayamnya bisa pilih Jenis ayam kampung atau ayam kota, tapi tidak ada jenis ayam kampus hehe…becanda. Pilihan cara penyajian sebagai berikut: ayam bakar pedas, lombok ijo, rica rica, lada hitam, betutu, tomyam dan garang asem. Harga yang ditawarkan cukup layak buat kocek kita semua, so jangan kuatir kalau mau mampir.

Satu lagi, di pojok dekat wastafel, tersedia sambal dan lalapan gratis yang bisa kita nikmati kalau ngerasa kurang pedas.

Via Via, Jogja

Standard

Salah satu cafe di kawasan Prawirotaman yang mengangkat konsep cafe buat traveler, tepatnya berada di Jalan Prawirotaman no 30, Jogjakarta. Telpon: +62274-386557 dengan website http://www.viaviajogja.com

Karena konsep yang ditawarkan tadi maka cafe ini sebenarnya digunakan sebagai tempat bertemunya wisatawan lokal dan internasional untuk saling berbagi pengalaman. ViaVia sendiri berawal dari kota Belgia di tahun 1994, saat ini sudah ada 15 ViaVia yang sudah tersebar di Asia, Afrika, Eropa, Amerika Tengah dan Selatan.

ViaVia Jogja sendiri sudah berdiri sejak 1995, dengan suasana yang tidak terlalu bising dan saat makan ditemani alunan musik ringan, dan kalau hari Jumat sebulan dua kali ada live music.

20140222-221748.jpg

Pesta Keboen

Standard

Lihat judul yang aku tulis pasti bingung ya ini tempat apa hehe…okay aku jelasin langsung aja. Pesta Keboen adalah tempat makan di kota semarang, tepatnya di jalan Veteran no 29 . No telpon untuk reservasi bisa di 6224-70297029 atau 8310620. Berkonsep ruang makan keluarga dan sangat cocok buat santai.

Yang pasti saat aku masuk pertama kali ke resto ini, suasana rumah dengan pajangan etnik dan unik. Pilihan duduk di dalam ruangan atau di luar ruangan bisa ditentukan sesuai dengan selera kita.

Berbagai menu makanan ditawarkan di sini mulai dari menu tradisional sampai menu ala ala Belanda. Saat aku ke sini 3 pembuka yg menarik sekaligus aku pesan yaitu: kroket, lumpia dan risoles.

Di samping itu masih banyak lagi menu makanan yang bisa dipesan. Kalau dari sisi rasa boleh dicoba, sedangkan untuk harga standard tidak terlalu mahal.

Sebagai informasi tambahan, restaurant ini pernah di kunjungi oleh Bondan Winarno, Prof Hembing dan Jaya Suprana, sehingga menambah keyakinan temen2 traveler untuk mencobanya saat berkunjung ke Semarang

Jogja Kopitiam

Standard

Alooo perjalanan dari Batam ke Jogja sore ini aku tempuh dalam balutan hujan. Sampai di Jogja aku langsung check in hotel…dan skrg sedang menikmati santainya malam di Jogja.

Jalan di sepanjang Malioboro hal yang biasa, tanpa sengaja aku masuk ke Jalan Sosrowijayan, yang pasti buat traveler yang sudah sering ke jogja, jalanan ini tak asing lagi. Tapi terus terang buat aku baru pertama kali ini lho jalan dari ujung sampai ujung.

Saat berjalan, ada sesuatu yang menarik karena perut sudah lapar…aku dengar alunan musik dari sebuah rumah makan yg sejenis cafe dengan suasana yg hommy banget…

Masuk ke dalamnya dan mendapat menu makanan dari waiternya yang menyapa ramah. Nama tempat nya Jogja Kopitiam…berada di jalan Sosrowijayan no 12-14. Telpon nya 0274-544296, buka tiap hari dr jam 11 sampai jam 12 malam. Yang rada lucu…di brosurnya ada kata2 breakfast tp bukanya siang sekali hehe…

Iya udah gpp…waktunya pesan makanan…dari harga yang ditawarkan cukup terjangkau, makanan nya beragam tradisional sampai western, aku mencoba es buah dan pisang gencet untuk dessert nya…

Sedangkan untuk makanan utamanya aku pilih nasi goreng pedas.
Semuanya aku bayar tak lebih dari 50 ribu, bayangkan tempat nya cozy, makan dengan musik akustik…recomended banget khan…

Lontong Usus, Tanjung Pinang

Standard

Hai…mumpung lagi ada ide buat nulis nih…cepet2 dituangin hehe…kayak air aja ya. Baca judulnya pasti ada yg penasaran makanan apa ini kok namanya seperti itu.
Lontong Usus salah satu makanan yang bisa aku rekomendasikan kalau traveler pergi ke tanjung pinang.

Lokasinya di dekat Hotel Tanjung Pinang dan nggak terlalu susah menemukan nya. Makanan ini merupakan makanan khas Kapau di mana memang bahan dasarnya Usus yang diisi tahu dan campuran telor, terus dimakan dengan kuah sayur nangka dan lontong.  Kira2 yang penasaran, fotonya seperti ini:
image

Di samping itu, kedai kopi ini juga menawarkan satu jenis minuman yang layak dicoba, yaitu Teh Telor, minuman panas yang merupakan campuran teh dan telor ayam kampung, disajikan dengan potongan jeruk limau. Jangan dibayangkan terasa amis, awalnya aku juga berpikir seperti itu, tetapi setelah meminum nya…benar2 enak…
image

Jadi…sudah bertambah lagi ya…jatah kuliner temen2 traveler kalau berada di Tanjung Pinang…

Gado Gado Gembira

Standard

image

Alooo temen temen traveler yang hobby kuliner, berhubung masih di Tanjung Pinang, maka aku explore makanan yang ada di kota ini.
Menu makan siang aku kali ini adalah Gado Gado
image

Gado gado ini mempunyai nama beken Gado Gado Gembira, sebelum aku ceritakan rasa dr menu kali ini, terlebih dahulu aku ceritakan bisa mendapat sebutan sesuai dengan nama kedai kopi nya, info dari teman aku yang asli dari tanjung pinang, asal kata Gembira yaitu karena saat pertama kali dijual gado gado ini berlokasi di Bioskop Gembira.
Buat yang ke Tanjung Pinang jangan lupa mampir ke sini, karena untuk rasa Gado gadonya enak juga, kalau yg bikin unik, isi nya ada mie, yg biasanya di jawa nggak ada. Krupuk udang yang ditabur di atas bumbu menambah selera kita.

Di samping itu, kalau udah pesan gado gadonya, jangan lupa sebagai pendampingnya kita pesan Es Gunung.
image

Semacam es campur tapi seger dan isi di dalamnya cukup beragam dan enak. So…selamat mencoba…