Natuna is Northern Pearl

Standard

Kabupaten Natuna memiliki ber aneka ragam keindahan alam, sebuah pulau yang sempat aku kunjungi di medio Agustus 2013…meskipun hanya sempat bermalam di pulau ini sehari tapi yang pasti membuat aku merencanakan untuk kembali jika mempunyai waktu…karena masih banyak tempat wisata yang belum terkunjungi, di sini aku hanya memberikan sedikit bagian dari keindahan dari Natuna yang mendapat sebutan Northern Pearl atau Mutiara di Ujung Utara. Kadang masyarakat setempat lebih mengenal dengan sebutan Natuna Gerbang Utaraku…

Untuk mencapai pulau Natuna, aku menggunakan pesawat Wings Air yang setiap hari terbang dari Batam, perjalanan dari Batam ke Natuna sekitar 1,5 jam. Bandara di Natuna merupakan bandara milik angkatan udara yang disebut Lanud TNI AU Ranai… meskipun Natuna boleh dibilang tidak terlalu besar ada beberapa hotel yang bisa jadi pilihan di sini, di antaranya: Hotel Natuna, Hotel Caesar, Hotel Central dan untuk yang mau lebih murah bisa di Penginapan Ajo Basamo, Penginapan Putri Indah, Penginapan Sisir Basisir.
Untuk transportasi publik di sini hanya ada yang disediakan oleh Pemkab, tapi itu untuk tujuan yang jauh, sedangkan kalau transportasi dalam kota, lebih banyak menggunakan ojek. Tapi jika kita mau explore keindahan pulau Natuna, lebih baik kita menggunakan mobil sewaan, tarifnya masih masuk akal apalagi jika kita pergi beramai ramai, karena tarif untuk sewa mobil avanza 24 jam termasuk sopir dan bensin seharga 500 ribu rupiah.

Dari beberapa brosur yang aku dapat, bisa aku sebutkan objek wisata yang memang dipromosikan oleh Dinas Pariwisata Kab. Natuna, di antaranya:

– Objek Wisata Air Terjun Gunung Air Hiu atau dikenal dengan Ceruk
– Objek Wisata Pantai Sujung Kelanga yg letaknya di Bunguran Timur Laut
– Air Terjun Air Mundong, tidak jauh dari Ceruk
– Batu Sindu, Alif Stone Park, Batu Kapal, Pantai Tanjung di Ranai
– Pantai Suak, Pantai Air Putih, Pantai Tanjung Manjin di Kecamatan Midai
– Pulau Sekatung di kecamatan Pulau Laut

Khusus untuk mencapai pantai yang aku sebutin, kita bisa menyewa kapal boat kecil yang di natuna disebut Pompong, dengan tarif 400 ribu rupiah untuk perjalanan pulang pergi mengelilingi pulau.

Untuk makanan di sini, tidak terlalu banyak pilihan, hampir semua tempat makan yang terkenal di sini seperti misalnya: Gerai Natuna Beach, Sisi Basisir, Natuna Food, Jakarta Food Court…menyediakan menu makanan yang sama, seperti chinese food dan seafood dengan harga yang boleh dibilang tidak terlalu murah. Jadi sebaiknya juga bawa bekal makanan dan snack jika memang mau beberapa lama di sini.

Btw…sekarang aku mau share beberapa foto yang sempat aku ambil saat berkunjung ke pulau Natuna….so…check it dot hehe….

Advertisements

6 responses »

    • Alooo…sebenarnya kalau mau ke natuna memang lebih bagus jika cuaca sudah bagus…terutama kalau hujan kurang bisa explore. Karena kebanyakan spot yg kita ambil di ruang terbuka. Mungkin lebih baik setelah bulan Januari. Karena akhir Januari itu imlek dan biasa menjelang imlek hujan dan angin rada besar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s